nyeri leher

Pengertian Cervicalgia, Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Posted on

Cervicalgia adalah – Mungkin Anda pernah merasakan sakit di bagian leher, bahkan pernah mengalami leher terasa kaku. Jika iya itu tandanya Anda mengalami penyakit cervicalgia. Anda tidak sendirian karena American Osteopathic Association ini memperkirakan bahwa kurang lebih 25% orang Amerika ini mengalami penyakit leher kronis ini.

Nyeri leher ini diperkirakan penyebab utama nyeri kronis dan menjadi peringkat ketiga setelah nyeri lutut dan nyeri punggung. Sakit kronis ini mempengaruhi 65% orang di Amerika Serikat dari umur 18 sampai dengan 34 tahun. Seiring dengan pertambahan populasi maka angka ini semakin meningkat.

Pengertian Cervicalgia

Cervicalgia adalah istilah selimut yang mana berhubungan dengan sakit leher.   Kisaran sakit ini adalah crick the nek dimana sederhananya adalah rasa sakit yang hebat dan memutar ke kepala. Rasa sakit ini juga bisa menyebar ke daerah lainnya seperti lengan bawah.

Meski bukan kondisi yang serius atau berbahaya, penyakit ini harus segera ditangani alasannya adalah menyebabkan ketidaknyamanan dan juga gangguan psikologis bagi penderitanya. Selain itu diagnosis cervicalgia ini rumit dan harus melalui proses identifikasi yang lama sehingga semakin dini diatasi dan diketahui akan semakin bagus.

Penyebab Cervicalgia

Untuk bisa mengobati penyakit cervicalgia ini harus sesuai dengan penyebab karena penyebab antara satu pasien dengan pasien lainnya ini berbeda. Penyebabnya pun beragam, namun penyebab umum penyakit cervicalgia adalah perubahan degeneratif atau kerusakan di dalam jaringan tubuh di saat usia bertambah tua.

Penyakit ini juga sering terjadi pada orang-orang yang bekerja kantoran dengan durasi duduk yang terlalu lama. Anak muda yang duduk atau tidur dengan posisi yang buruk juga bisa memicu nyeri leher. Selain itu cedera akibat olahraga juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ini.

Postur kerja yang buruk dan bekerja terlalu keras seperti mengangkat beban terlalu berat ini akan berpengaruh terhadap leher dan tulang belakang. Diskus ini bisa menjadi usang, berisi, dan lebih rata. Ketika ruang diskus mengalami penyempitan, vertebra bisa menyatu. Tulang ini akan bisa menekan sumsum di bagian tulang belakang atau mengenai bagian saraf. Akibat penekanan yang terjadi saraf menjadi iritasi. Hal tersebut bisa menyebabkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa, dan juga rasa lemah lesu.

Kepala manusia sendiri seberat 10 pon bahkan bisa lebih. Leher ini bertugas untuk menjaganya supaya kepala bisa tetap berdiri tegak dan kokoh. Hanya untuk digunakan melawan gravitasi sepanjang hari akan membuat otot leher tegang dan menjadi lelah. Ini bisa menyebabkan seseorang mudah mengalami cedera leher. Penyembuhannya sendiri lambat karena tugas leher ini tidak pernah berhenti dan selalu di bawah tekanan  yang konsisten secara terus menerus.

Selain beberapa penyebab di atas ada juga beberapa orang dengan faktor risiko mengalami cervicalgia tinggi. Faktor risiko cervicalgia adalah umur dimana orang paruh baya rentan mengalami penyakit ini begitu pula dengan guru. Selain itu seseorang yang mengalami penyakit rheumatoid arthritis dan osteoporosis sangat rentan mengalaminya.

Gejala Cervicalgia

Ada beberapa gejala cervicalgia yang penting untuk diketahui. Tanda seseorang terkena penyakit cervicalgia adalah rasa sakit di leher, kesemutan, mati rasa dimana hal tersebut bisa menjalar ke bagian punggung atas, lengan dan tangan, dan juga bahu. Beberapa orang yang mengalami penyakit ini mengeluhkan bahwa nyeri di diskus, membuatnya melemah, kaku atau bahan sulit berjalan.

Nyeri akan terasa lebih parah ketika pasien bergerak, batuk atau hanya tertawa. Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa penyakit ini akan menyebabkan kualitas hidup dan kebahagiaan pasien menurun. Jika penyakit ini disertai dengan penyakit lainnya rasa nyeri tersebut disertai dengan rasa pusing di kepala, pandangan kabur, dan lain sebagainya.

Kapan Harus Periksa?

Jika mengalami gejala di atas ditambah lagi kesulitan dalam berjalan, otot semakin terasa lemah, terasa kaku dan tidak bisa menggerakkan tangan ataupun kaki, kemudian kehilangan kontrol di bagian usus maupun kandung kemih Anda harus segera melakukan konsultasi dengan dokter. Setiap pasien ini akan memiliki gejala yang berbeda-beda, sehingga selalu diskusikan dengan dokter supaya bisa mendapatkan solusi terbaik.

Cervicalgia dan Kondisi Psikologis

Cervicalgia ini tidak hanya berpengaruh ke kondisi fisik pasien saja namun juga berpengaruh ke kondisi psikologis pasien. Ada beberapa pasien dengan kondisi ini mengalami perubahan mood yang cukup ekstrim berupa kecemasan dan juga depresi, terlebih lagi jika serangannya di spondylosis serviks dimana risiko mengalami kecemasan dan depresi jauh lebih tinggi.

Pengobatan

Pengobatan yang diberikan untuk penderita cervicalgia ini bermacam-macam dan disesuaikan dengan jenis nyeri yang dialaminya. Salah satu pengobatan terbaik untuk penyakit cervicalgia ini adalah fisioterapi dimana pasien akan di terapi fisik, mengendalikan rasa nyeri dan diberikan obat peradangan. Spesialis seperti dokter ahli anestesi, dokter bedah saraf dan dokter bedah orthopedic akan membantu proses pengobatan.

Pengobatan konservatif ini bisa dilakukan saat terapi fisik misalnya mengompresnya dengan menggunakan handuk panas, olahraga khusus dan juga traksi cervical. Dokter ahli anestesi akan membiuskan obat steroid dan penenang. Obat tersebut disuntikkan ke saluran tulang punggung cervical agar nyeri bisa mereda. Tindakan operasi bisa menjadi pilihan terakhir jika terapi yang dilakukan ini tidak bisa meredakan gejala yang muncul.

https://www.fisioterapiabalduina.it/wp-content/uploads/2019/06/dolore-collo-1080×675.jpg

Diagnosis

Dokter tidak akan langsung menyatakan penyakit yang diderita merupakan cervicalgia namun akan melakukan beberapa tes diagnosis terlebih dahulu. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan X-ray di bagian tulang punggung cervical. Magnetic resonance imaging atau MRI di bagian leher, kemudian tes kecepatan konduksi saraf, tes elektrik saraf dan otot juga akan dilakukan.

Cervicalgia adalah penyakit yang mampu menimbulkan rasa nyeri dan membuat penderitanya mengalami keterbatasan fisik, oleh sebab itu jika Anda atau orang di dekat Anda mengalami gejala-gejala tersebut segera hubungi dokter untuk observasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *