kelainan sistem gerak tubuh
Lifestyle Okezone

Awas! 9 Gangguan Sistem Gerak

Posted on

Gangguan sistem gerak manusia ini perlu diwaspadai. Pasalnya bergerak ini menjadi kegiatan yang sangat penting bagi manusia. Dengan bergerak manusia bisa melakukan mobilisasi dengan mudah, bisa berolahraga agar tubuh semakin sehat, memudahkan manusia bekerja dan lain sebagainya. Sistem gerak pada manusia ini disebut dengan muskuloskeletal dimana sistem pada tersebut mampu memberikan kemampuan manusia untuk bergerak dengan menggunakan tulang dan juga ototnya.

Selain memberikan kemampuan untuk bergerak, sistem gerak manusia juga memberikan kemampuan berupa mendukung bentuk postur tubuh. Sistem ini juga mampu menahan berat badan dan menjaga stabilitas pergerakan pada tubuh manusia.

Masalahnya adalah ada beberapa masalah yang bisa mengganggu sistem gerak manusia, ketika gangguan tersebut terjadi kualitas hidup manusia menjadi menurun dan berkurang. Lalu apa saja gangguan sistem gerak pada manusia tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

Myalgia

Gangguan sistem gerak yang pertama adalah myalgia. Penyakit ini sering disebut sebagai nyeri otot dan menjadi masalah sistem gerak yang sering dialami oleh manusia. Rasa nyeri di otot muncul karena otot ini sering digunakan untuk melakukan gerakan yang berulang. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang melakukan kegiatan olahraga yang ekstrim dengan intensitas yang cukup tinggi. Seseorang yang melakukan pekerjaan berat juga membutuhkan tenaga yang besar saat bekerja bisa terserang penyakit ini.

Distonia

Gangguan pergerakan dimana bisa menyebabkan kontraksi jangka panjang atau kejang. Pasien yang mengalami penyakit ini akan membuat tubuhnya bisa bergerak tanpa sadar dimana gerakannya berupa memutar berulang-ulang. Gerakan otot ini bisa terjadi di salah satu anggota atau keseluruhan tubuh.  Hal ini bisa menyebabkan pasien memiliki postur tubuh yang aneh disertai dengan gerakan.

Distonia ini biasanya disebabkan oleh kerusakan otak dan juga ganglia basal yang mana memiliki fungsi mengendalikan kecepatan dan juga koordinasi gerakan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gejala berupa kedutan, getaran atau tremor, kram otot, mata yang berkedip berlebihan, gangguan saat bicara atau menelan, dan leher miring.

Huntington

Merupakan gangguan sistem gerak bawaan, menjadi kelainan neurodegenerative dimana membuat gerakan menjadi tidak terkontrol, mengalami  gangguan kognitif, dan juga mengalami kondisi kejiwaan. Penyakit Huntington ini juga menjadi dampak adanya gen yang cacat. Gen cacat diturunkan ke anak meski hanya salah satu orang tua anak saja yang memilikinya.

Gejala ini bisa muncul pada pasien dengan usia 30 sampai dengan usia 40 tahun.  Selain itu tidak menutup kemungkinan jika akan muncul pada usia anak-anak, remaja dengan usia di bawah 20 tahun.

Parkinson

Penyebab utama dari penyakit ini merupakan hilangnya dopamin dimana diproduksi oleh sel otak yang letaknya ada di tengah-tengah otak. Dopamin sendiri merupakan zat kimia di otak yang berkaitan dengan koordinasi dan gerakan otot. Ketika substansia ini memburuk maka dopamin ini produksinya bisa berkurang sehingga  respons sinyal otak ke otot ini terganggu.

Gejala yang sering ditunjukkan adalah tremor dimana tangan bergetar saat otot sedang istirahat, selain itu juga disebabkan oleh peningkatan tonus atau kekakuan, gerakan lambat, susah dalam menjaga keseimbangan, bicara lambat dan tidak jelas, sulit menulis, air liur menjadi berlebih dan juga sulit menahan buang air kecil dan besar.

Ataksia

Gangguan dan kelainan yang mana disebabkan oleh kelainan di otak kecil dan juga saraf bagian belakang. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi gerak tubuh. Gejala ataksia sendiri berupa koordinasi gerak tubuh ini memburu, sering tremor atau gemetar, langkah kaki tidak seimbang dan mudah terjatuh. Ataksia juga bisa ditandai dengan perubahan cara bicara, sulit bicara, gangguan ketika berpikir, dan sulit dalam menulis.

Chorea

Kelainan saraf otot yang mana bisa menyebabkan tubuh bergerak tanpa tidak sadar. Gejala ini ditandai dengan gerakan berulang namun singkat dan cepat, gerakan tersebut juga tidak terkontrol dimana semuanya itu terjadi pada sekitar mulut, lengan, tangan dan kaki. Gejala yang ditimbulkan ini berupa gangguan bicara, sulit dalam menelan, lidah menjulur, gaya berjalan aneh dan tangan sulit dikepal.

Tremor Esensial

Merupakan kelainan atau gangguan yang ditandai dengan gemetar berirama dan tidak terkendali terutama di bagian tubuh seperti tangan, lengan, dan kepala. Penyebabnya adalah komunikasi tidak normal dan terjadi di daerah otak dan sering didiagnosis sebagai Parkinson.

Penyakit tremor ini menjangkiti banyak orang yaitu sebanyak 14 ribu orang yang ada di Australia dan juga di Selandia Baru terkena gangguan ini. Tremor ini ditandai dengan adanya gangguan progresif yang melambat dimana pasien akan tidak seimbang ketika berjalan, gejala tidak akan berkurang ketika istirahat, menyuap makanan dan saat menggenggam bola.

Wilson

Gangguan sistem gerak dan merupakan penyakit keturunan dimana menyebabkan kerusakan organ hati dan juga otak. Hal ini bisa terjadi akibat penumpukan logam tembaga di dalam tubuh. Dari 30 ribu orang di seluruh dunia, 1 orang bisa mengalami penyakit ini.

Penyebabnya adalah mutasi gen yang mana mengatur hati untuk bisa mengeluarkan kelebihan tembaga di dalam tubuh. Setelah itu terjadi penumpukan tembaga di dalam hati tersebut. Tembaga ini kemudian bisa masuk ke darah dan bisa menumpuk ke organ tubuh lain seperti otak.

Myoclonus

Penyakit ini bisa menyebabkan kejang otot yang cepat, secara tiba-tiba, dan juga tidak disengaja. Kejang otot tersebut tidak bisa dikendalikan atau dihentikan dan melibatkan satu jenis otot atau sekelompok otot. Penyebabnya adalah gangguan pada neurologis seperti radang otak, epilepsi, stroke, koma, dan sebagainya.

Pengobatan gangguan sistem gerak ini bervariasi tergantung dengan penyakit yang dialami, pada beberapa penyakit membutuhkan fisioterapi untuk meringankan gejala yang timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *