fungsi fisioterapi penderita stroke
dasaeon

Ini 3 Manfaat Fisioterapi Stroke, Efeknya Sangat Luar Biasa!

Posted on

Fisioterapi stroke sangat penting dilakukan. Alasannya adalah penyakit stroke ini bisa membuat penderitanya merasakan kelemahan atau kelumpuhan pada satu sisi sehingga gerak tubuh ini bisa menjadi sangat terbatas. Hal inilah yang menyebabkan fisioterapi sangat diperlukan. Penderita stroke yang tidak mendapatkan fisioterapi bukan tidak mungkin sarafnya menjadi kaku sehingga kelumpuhan bisa terjadi selamanya.

Fisioterapi juga disarankan bagi pasien pasca stroke dan harus didampingi dengan terapis profesional. Dengan fisioterapi ini diharapkan mampu mengembalikan fungsi tubuh agar pasien bisa kembali melakukan aktivitas secara normal.

Pentingnya Fisioterapi Stroke

Ada beberapa alasan mengapa fisioterapi stroke ini sangat diperlukan.  Stroke ini merupakan penyakit dengan kondisi otak tidak mendapatkan pasokan darah cukup, disebabkan oleh adanya penyumbatan atau pembuluh darah pecah. Kondisi ini bisa menyebabkan otak tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup. Hal itu membuat sel di area otak ini secara perlahan-lahan akan mati.

Ketika sel otak mati, maka anggota tubuh lainnya ini dikendalikan oleh sel otak bisa kehilangan fungsinya. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa penderita stroke ini akan mengalami kekakuan sebelah pada bagian kiri atau kanan dan hanya terjadi di organ tertentu saja.

Manfaat

Ada banyak manfaat dan efek yang bisa didapatkan dengan melakukan fisioterapi stroke ini. Beberapa manfaat  tersebut adalah berikut ini:

Mengatasi Kekakuan Otot

Manfaat yang pertama adalah mengatasi kekakuan otot. Otot yang terasa kaku ini menjadi kendala utama penderita stroke dan juga membuat pergerakannya terbatas. Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa kekakuan otot pada penderita stroke ini bisa disembuhkan dengan menggunakan fisioterapi. Fisioterapi ini juga terbukti bisa membuat fungsi gerak kembali normal.

Sebelum melakukan fisioterapi ini biasanya terapis akan melakukan valuasi kondisi pasien, kemudian menentukan jenis terapi apa yang sekiranya cocok dengan pasien tersebut. Selain itu ada juga perubahan gaya hidup yang harus dijalani termasuk pola diet yang dijalankan agar kekakuan tersebut tidak semakin bertambah parah.

Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat fisioterapi khusus pasien stroke selanjutnya adalah mengurangi rasa sakit. Beberapa penderita stroke ini bisa merasakan kesulitan dalam melakukan aktivitas namun juga akan merasa sakit untuk menggerakkan organ tubuh yang terserang stroke tersebut. Organ tubuh tersebut misalnya bagian tangan dan kaki. Dengan melakukan fisioterapi tersebut rasa sakit akan bisa diatasi dengan baik.

Untuk bisa mengatasi rasa sakit terapis ini akan melakukan stimulasi listrik. Dilanjutkan dengan ultrasound, terapi panas, dan lain sebagainya tergantung dengan kebutuhan masing-masing pasien.

Kemampuan Gerak Meningkat

Stroke memang akan membuat pasien menjadi sulit bergerak misalnya berdiri, berjalan, atau menggunakan tangan untuk makan. Stroke ini juga bisa membuat pasien kesulitan bicara. Fisioterapi stroke ini bermanfaat untuk membantu kemampuan gerak pasien meningkat. Kekakuan otot yang dialami oleh pasien stroke ini juga bisa diatasi dengan fisioterapi.

Tujuan Fisioterapi

fisioterapi stroke
ciputramedicalcenter

Stroke bisa menimbulkan masalah yang berbeda-beda dimana dengan fisioterapi ini pasien bisa menemukan berbagai macam masalah di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu saja, pasien stroke juga bisa mencegah timbulnya komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit tersebut. Komplikasi yang sering terjadi adalah adanya ketidakseimbangan pada otot.

Setelah mengalami serangan stroke, pasien menjadi sulit bergerak bahkan aktivitas seperti berjalan, berpakaian, dan memakan makanan ini perlu dibantu. Dengan melakukan fisioterapi ini diharapkan pasien stroke bisa bergerak aktif kembali dan kualitas hidup menjadi lebih meningkat. Tidak hanya itu saja tujuan fisioterapi ini juga memiliki tujuan berupa mengimbangi kemampuan tubuh yang hilang dikarenakan stroke tersebut.

Fisioterapi akan membantu pasien dalam mempelajari gerakan-gerakan dasar berupa bangun dari tempat tidur dan juga berjalan. Latihan khusus ini juga bisa membuat otot yang lemah menjadi kuat kembali dan membuat pasien bisa meningkatkan keseimbangannya. Fisioterapi ini juga bisa membantu pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari tanpa dibantu orang lain dan terakhir adalah mengajarkan pasien dalam menggunakan alat jika diperlukan.

Fisioterapi dan Kesehatan Otak

Stroke memang menyerang sel otak bahan mampu merusak sel-sel yang ada di otak tersebut. Otak ini bisa mengatur ulang dirinya dengan cara meminta sel otak yang lain untuk mengambil alih kerja yang dilakukan tersebut dimana disebut dengan neuroplastisitas. Dengan melakukan fisioterapi, neuroplastisitas ini menjadi terangsang. Hal itu membuat otak bisa mengembalikan kemampuan otak yang rusak akibat stroke tersebut mulai dari koordinasi dan keseimbangan, gerak tubuh, dan masih banyak lagi lainnya.

Tahapan Fisioterapi

Fisioterapi ini sebaiknya dilakukan kepada pasien setelah 24 jam terkena stroke dimana penderita stroke ini harus menjalaninya dengan durasi 45 menit per harinya. Untuk tahapan pertama fisioterapi adalah menentukan tujuan terlebih dahulu. Tujuan ini bisa dirancang bersama dengan fisioterapis. Ahli fisioterapi akan menentukan tujuan, harapan, rencana dan juga pemulihan sesuai dengan tingkat keparahan pasien. Tujuan ini bisa ditentukan dari yang terendah terlebih dahulu.

Tahapan fisioterapi selanjutnya adalah belajar bergerak. Bergerak ini menjadi fisioterapi yang sangat penting dimana dimulai dari bangun tidur sedikit demi sedikit, kemudian bisa dilanjutkan ke sesi yang selanjutnya. Fisioterapi ini juga bisa dilakukan ke gym tujuannya agar pasien bisa menggunakan   bantuan alat fisioterapi tertentu.

Setelah berhasil melakukan tahapan yang sederhana, fisioterapi bisa dilanjutkan dengan meningkatkan kegiatan yang lebih fokus sesuai dengan keluhan pasien, setelah itu latihan keseimbangan dan peregangan tubuh. Keseimbangan ini menjadi masalah fisik yang utama terutama di bagian tangan dan kaki. Oleh sebab itu fisioterapis ini akan meminta pasien melakukan olahraga yang cocok agar kemampuan keseimbangan menjadi meningkat dan otot tidak kembali kaku.

Demikianlah beberapa informasi menarik tentang pentingnya fisioterapi stroke dan manfaatnya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *