fisioterapi anak
Pontianakpost

Hi Orang Tua, Ini Manfaat Fisioterapi Anak dan Balita

Posted on

Anak adalah pelita hati bagi setiap orang tua. Sayangnya ada beberapa masalah tumbuh kembang yang dialami anak. Misalnya saja adalah anak belum bisa berjalan padahal anak seusianya sudah bisa berjalan, anak belum mau tengkurap padahal seusianya harus bisa melakukan hal tersebut. Untuk membuat anak bisa tumbuh kembang sesuai dengan usianya orang tua bisa melakukan fisioterapi untuk anak supaya memiliki tumbuh kembang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Tujuan Fisioterapi Anak dan Balita

Kebutuhan fisioterapi setiap bayi dan anak ini berbeda disesuaikan dengan gangguan yang dimiliki. Terapi fisik ini biasanya digunakan untuk bisa mencapai sasaran yang di diinginkan pada pasien. Salah satu contohnya adalah bayi yang lahir prematur selalu menahan bahu kemudian mendekatkan ke telinga. Terapi fisik yang dilakukan berupa memijat lembut dan mendorong bahu bayi ke bawah supaya posturnya menjadi normal.

Tidak hanya pada bayi saja namun anak yang memiliki kerusakan motorik ini bisa dilakukan fisioterapi. Selain itu anak yang memiliki masalah pembelajaran juga bisa dilakukan fisioterapi. Sebagai contohnya pada penderita ADHD yang mana mengalami gangguan perkembangan otak yang mana menyebabkan penderita menjadi hiperaktif, impulsif, dan  sulit untuk memusatkan perhatian. Untuk mengecek apakah anak ADHD atau bukan, harus melakukan serangkaian pemeriksaan terlebih dahulu

Untuk bayi dan juga balita ini anak yang memiliki kelainan genetik, medis kronis, dan penyakit lainnya fisioterapi ini memiliki tujuan yang lebih spesifik. Terapi fisik digunakan untuk mendukung posisi dan pola gerakan yang benar. Selain itu fisioterapi diharapkan bisa mengembangkan keterampilan pada usia anak-anak, bayi dan balita. Tujuan fisioterapi yang terakhir adalah mengelola maupun mengurangi rasa sakit, perbaikan fungsi otot dan juga mengatasi masalah keterbatasan yang terjadi pada bayi dan juga balita.

Manfaat

Semakin dini anak di terapi maka hal tersebut akan semakin baik. Simak beberapa manfaat fisioterapi anak berikut ini:

Berjalan dengan normal

Fisioterapi anak ini memiliki manfaat berupa membuat dan membantu anak bisa berjalan dengan normal.  Terapi fisik ini pada umumnya dilakukan pada anak yang memang memiliki gangguan pada motoriknya. Dengan melakukan fisioterapi ini anak akan bisa mendapatkan kekuatan otot, efeknya anak bisa menggerakkan tubuhnya kembali normal.

Setiap kunjungan ke terapis ini akan diperhatikan perkembangan pasien, caranya dengan mengukur kelenturan dan juga kekuatan pasien.  Terapis juga bisa melakukan identifikasi yang mana membutuhkan perawatan khusus, melakukan analisis keseluruhan pasien mulai dari cara berjalan, berlari, dan juga gerakannya.

Mencegah keterlambatan tumbuh kembang

Fisioterapi anak ini juga digunakan untuk bisa mencegah keterlambatan tumbuh kembang anak. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa ada baiknya jika orang tua melakukan pendekatan fisioterapi sejak awal atau sejak anak masih bayi. Fisioterapi yang dilakukan ini berupa teknik pijat pada bayi baik yang lahirnya normal atau yang premature. Orang tua juga bisa melakukan skrining tes terhadap tumbuh kembang bayi tujuannya untuk mengetahui apakah bayi mengalami gangguan motorik kasar, perilaku sosial, motorik halus, dan lain sebagainya.

Mengatasi keterlambatan tumbuh kembang

Tidak hanya mencegah saja namun fisioterapi ini juga digunakan untuk bisa mengatasi masalah di tumbuh kembang anak. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah dengan neuro development treatment. Dengan terapi tersebut otot anak akan berkembang menjadi lebih baik.

Mengembangkan, memelihara dan juga memulihkan gerak anak

Fisioterapi ini memiliki peranan yang sangat penting untuk bisa mengatasi berbagai macam masalah pada tumbuh kembang anak. Fisioterapi ini akan memiliki peranan dalam mengembangkan, memelihara dan juga memulihkan gerak si anak. Anak akan bisa meningkatkan kemampuan fungsionalnya.

Jenis Fisioterapi untuk Anak

fisioterapi anak mengatasi tumbuh kembang
Popmama

Ada banyak jenis fisioterapi yang bisa dilakukan anak dan balita dimana hal ini tergantung dengan masalah yang dihadapi. Simak beberapa jenis fisioterapi khusus anak yang penting untuk diketahui berikut ini:

Pemanasan

Terapi ini digunakan untuk memanfaatkan kekuatan panas. Terapi  digunakan untuk mengatasi kelainan kulit, otot, dan juga jaringan tubuh di bagian dalam. Terapi ini akan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan keluhan anak.

Terapi dingin

Fisioterapi anak ini pada umumnya digunakan bagi otot saja, biasanya disebabkan terjatuh atau memar. Terapi ini akan diberikan jika cedera masih akut dan proses peradangan, belum menjadi kronis. Bisa juga digunakan untuk mengurangi bengkak yang diakibatkan oleh cedera.

Terapi latihan

Jenis terapi ini digunakan untuk bisa mengembalikan fungsi dan juga memberikan penguatan dan pemeliharaan alat gerak anak supaya bisa kembali normal. Pemberian latihan ini digunakan untuk mengurangi bengkak yang diakibatkan oleh cedera.

Fisioterapi dada

Anak dengan keluhan batuk pilek ini akan mendapatkan terapi di dada tujuannya untuk bisa membersihkan saluran pernapasannya. Selain itu terapi ini digunakan untuk memperbaiki pertukaran udara di dalam tubuh anak.

Latihan

Terapi ini digunakan untuk mengembalikan fungsi dan menguatkan alat gerak anak supaya bisa kembali normal atau setidaknya mampu mendekati kondisi normal. Pemberian latihan dilakukan secara bertahap tergantung dengan usia bayi atau balita tersebut. Anak akan dilatih untuk bisa memegang atau menggerakkan tangan atau kakinya. Setelah itu jika dirasa mampu dilanjutkan dengan latihan mobilisasi seperti berjalan, lari kecil, dan sekadar melangkah.

Kunci terpenting yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah memahami tanda jika anak atau bayi membutuhkan fisioterapi tersebut. Tidak hanya itu saja orang tua harus bersikap aktif dan berkonsultasi tentang tumbuh kembang anak. Dengan begitu orang tua akan tahu kapan membutuhkan fisioterapi anak, dengan tindakan yang tepat masalah tumbuh kembang anak bisa teratasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *